Kumpulan Contoh Pendahuluan Makalah

Pendahuluan makalah - Makalah terdiri dari bagian - bagian yang tersusun dengan rapi karena dalam menyusun sebuah makalah ataupun karya tulis lainnya pasti memiliki sistematika penulisan sendiri namun secara garis besar sistematika penulisan makalah terdiri atas tiga bagian pokok yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Pada setiap bagian bagian tersebut memiliki beberapa bagian lagi  akan tetapi pada artikel kali ini saya tidak membahas semuanya secara detail namun lebih fokus pada bagian pendahuluan makalah dan untuk bagian - bagian lain silahkan lihat pada beberapa contoh makalah yang sudah saya posting sebelumnya yang dapat anda baca di contoh makalah bahasa indonesia tentang narkoba dan pada contoh makalah pendidikan karena pada kedua contoh makalah tersebut sudah sangat jelas dari masing - masing bagian makalah

Contoh pendahuluan makalah ini saya kumpulkan dari beberapa contoh makalah dengan berbagai tema baik itu yang saya ambil dari blog contoh artikel ini dan dari beberapa sumber lain yang mungkin sesuai dengan tema makalah yang sedang anda susun dan tentu saja pendahuluan dalam makalah yang sedang anda baca ini dapat anda edit jika terdapat kalimat yang kurang sesuai menurut anda.



Contoh Pendahuluan Makalah Tema Narkoba

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
                 Makalah ini saya tujukan khususnya untuk kalangan remaja, pelajar dan generasi muda yang tidak lain adalah sebagai generasi penerus bangsa agar kita semua mengenal akan bahaya penyalahgunaan narkoba dan narkotika bagi kesehatan dan dampaknya terhadap lingkungan sosial khususnya. Seiring perkembangan informasi yang begitu pesat yang selain bersifat positif tentu saja ada sisi negatif yang  jika tidak ada filter dari informasi yang sampai ke tengah-tengah masyarakat terutama kalangan remaja dan generasi muda.
                Salah satu sisi negatif dari perkembangan informasi tadi adalah semakin mudah dan meluasnya peredaran narkoba hingga ke pelosok-pelosok daerah bahkan sudah sampai pada lingkungan pendidikan yang merupakan media belajar untuk menciptakan pemuda-pemuda kreatif, cerdas dan ber-akhlak. Narkoba dan Narkotika kini menjadi permasalahan yang kompleks karena tidak saja hanya mengancam pelakunya namun juga berdampak pada lingkungan sosial dengan meningkatnya kriminalitas yang diakibatkan pengaruh dari zat narkoba.

1.2.Tujuan Penulisan
  1. Sebagai media sosialisasi dan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan narkotika bagi kesehatan dan dampaknya terhadap lingkungan sosial.
  2. Sebagai referensi bagi siswa-siswi untuk membuat makalah bahasa indonesia ataupun makalah tentang narkoba dalam rangka untuk memenuhi tugas sekolah.
1.3. Ruang Lingkup
                Ruang lingkup dari penulisan makalah ini adalah mencakup aspek tentang narkoba dan bahayanya bagi kesehatan dan dampaknya terhadap lingkungan sosial.

1.4  Sumber Data
  1. Referensi pengertian dan jenis-jenis narkoba
  2. Referensi bahaya narkoba bagi kesehatan dan generasi muda


1.5. Metode
                Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah dengan menggunakan metode tinjauan dari beberapa sumber yang berkompeten dalam permasalahan narkoba dan lingkungan sosial


Contoh Pendahuluan Makalah Tema Pendidikan


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
       Sebagai Negara yang besar dan dengan sumber daya alamnya yang melimpah pada dasarnya Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu Bangsa yang maju, bermartabat dan lebih baik dari saat ini, dan itu semua dapat terwujud tentunya dengan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif dan memiliki visi yang jelas dan terarah untuk kemajuan Bangsa. Untuk memenuhi tujuan terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas tentunya pendidikan adalah faktor terpenting yang tidak dapat dipisahkan.

       Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada pasal 3 (tiga) yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tujuan dari pendidikan nasional tidak saja hanya mencetak sumber daya manusia yang cerdas akan tetapi juga mampu mencetak kepribadian yang berkarakter, berakhlak, kreatif, memiliki misi visi dan bertanggung jawab serta sebagai warga negara yang baik. Kesuksesan seseorang tidak pernah lepas dari potensi yang dimiliki oleh orang tersebut, potensi dalam arti tidak saja berbicara tentang skil akan tetapi meliputi kemampuan seseorang mengimplementasikan potensi yang dimiliki untuk orang banyak, kemampuan mengelola diri dan orang lain.

   Berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ( Ali Ibrahim Akbar, 2000) mengungkapkan bahwa kemampuan teknis (Hard Skill) hanya memberikan kontribusi sekitar 20% terhadap kesuksesan seseorang, selebihnya sekitar 80% kesuksesan seseorang ditentukan oleh soft skill dan itu artinya karakteristik seseorang memiliki porsi yang lebih besar sebagai penentu sukses tidaknya seseorang dimana karakteristik seseorang sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan karakter yang ia serap.

1.2. RUMUSAN MASALAH
       Penulis telah menyusun beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Beberapa masalah tersebut antaralain :

a. Apa pengertian pendidikan karakter
b. Bagaimana Contoh program pendidikan karakter
c. Bagaimana peran pendidikan karakter dalam membangun kemajuan bangsa

1.3. TUJUAN PENULISAN
       Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dalam penulisan makalah ini sebagai berikut

  • Untuk mengetahui apa itu pendidikan karakter
  • Untuk mengetahu contoh program pendidikan karakter
  • Untuk mengetahui peran pendidikan karakter dalam membangun kemajuan bangsa


 

Contoh Pendahuluan Makalah Kenakalan Remaja


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
       Tumbuh kembang remaja pada zaman sekarang sudah tidak bisa lagi dibanggakan. Kenakalan remaja yang terjadi akhir - akhir ini sudah pada taraf tindakan kriminalitas yang dampaknya tidak saja pada pelaku dan korban akan tetapi mencakup aspek sosial dan lingkungan diantaranya tawuran, pemerkosaan yang dilakukan oleh pelajar, pemakaian narkoba, pengerusakan fasilitas umum dan lain-lain.
Remaja yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa  kini tidak bisa lagi menjadi jaminan untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Bahkan perilaku mereka cenderung merosot.
Sungguh sangat disayangkan remaja yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa berprlikau premanisme yang jika tidak dibina dan diberikan arahan, tidak menutup kemungkinan 20 tahun kedepan bangsa ini miskin akan sosok - sosok pemimpin yang intelek, kreatif dan berahlak. Para remaja saat ini dengan mudah melakukan perubahan social dan budaya dengan mengadopsi budaya luar tanpa adanya filter. Meningkatnya kenakalan remaja saat ini merupakan salah satu dampak dari media informasi yaitu program siaran televisi yang dinilai kurang memberikan nilai edukatif bagi remaja.
Permasalahan remaja bukan hanya menjadi tanggung jawab para orang tua dan lembaga pendidikan akan tetapi semua elemen memiliki tanggung jawab yang sama untuk memperbaiki prilaku para remaja sehingga permasalahan kenakalan remaja tidak berlarut - larut tanpa adanya usaha pembinaan yang terencana


1.2 RUMUSAN MASALAH
      Penulis telah menyusun beberapa yang akan dibahas dalam makalah ini antaralain
a. apa pengertian kenakalan remaja
b. apa penyebab kenakalan remaja
c. apa kiat - kiat mengatasi kenakalan remaja

1.3 TUJUAN PENULISAN
       Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah
a. Memahami arti dari kenakalan remaja
b. Mengetahui penyebab dari kenakalan remaja
c. Menemukan solusi tepat untuk memperbaiki prilaku remaja

1.3 SUMBER DATA
       Tinjauan pustaka tentang kenakalan remaja dari literatur dan internet


Dari ketiga contoh pendahuluan makalah di atas semoga dapat memberikan gambaran bagi anda dalam membuat pendahuluan makalah dan jika berkenan silahkan baca juga artikel lainnya tentang makalah di kumpulan kata pengantar makalah pilihan