PENGERTIAN INTRANET Dan Manfaat Intranet

Pengertian intranet - Setelah kemarin saya membahas tentang pengertian dan sejarah internet, pada artikel kali ini saya akan memaparkan beberapa pengertian intranet dan sejarah intranet dan sekaligus juga manfaat dari intranet itu sendiri. Apa yang saya paparkan mengenai intranet ini bisa dikatakan hanya sebuah rangkuman dari situs - situs yang memiliki otoritas tinggi seperti wikipedia dan wobopedia.

Intranet adalah

Menurut wikipedia pengertian intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol - protokol internet (TCP/IP) untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi perusahaan kepada karyawannya. Dari pengertian tersebut dapat disederhanakan bahwa intranet adalah jaringan internet yang bersifat pribadi, golongan, sekelompok, organisasi tertentu.

Pengertian intranet menurut wobopedia adalah sebuah jaringan komputer berbasis pada protocol (TCP/IP) milik dari sebuah organisasi yang pada umumnya perusahaan yang hanya dapat diakses oleh anggota organisasi, karyawan dan orang lain yang sudah di otorisasi.

Manfaat Intranet

  1. Sama halnya dengan internet, Intranet juga bermanfaat sebagai komunikasi namun tidak seperti internet yang dapat di akses oleh semua pengguna sedangkan intranet hanya dapat diakses oleh karyawan, anggota dan orang - orang yang yang telah diberi otorisasi. Untuk cakupan yang lebih luas lagi mengenai manfaat intranet ini adalah memungkinkan orang - orang yang telah diberi otorisasi tersebut melangsungkan sebuah diskusi dan mendistribusikan informasi dalam berbagai bentuk seperti dokumen, Buletin board dan lain - lain sesuai dengan perangkat yang disediakan.
  2. Dengan adanya intranet ini maka informasi yang distribusikan baik dari karyawan untuk perusahaan maupun dari perusahaan untuk karyawan akan lebih efektif baik dari sisi waktu maupun kemudahan dalam mengakses
  3. Selain efektif dalam hal waktu dan memberikan kemudahan, intranet ini juga manfaatnya untuk penghematan biaya karena dengan adanya sistem informasi online maka sebuah perusahaan ataupun organisasi tidak perlu lagi melakukan sharing informasi dalam bentuk dokumen cetak yang secara operasional lebih tinggi karena menggunakan biaya percetakan
  4. Dengan adanya intranet yang mendukung penyimpanan file maka otomatis data - data perusahaan/organisasi ataupun informasi - informasi penting lainnya akan lebih tertata dan lebih mudah untuk dicari meskipun data tersebut merupakan data yang sudah sangat lama
  5. Karena semua karyawan dapat mengakses dari perangkat yang disediakan intranet tentu akan berdampak pada kinerja karyawan baik yang bersifat perseorangan maupun kerja dalam dalam sebuah team
Selain manfaat di atas tentunya masih banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan keberadaan intranet terlebih bagi sebuah perusahaan ataupun organisasi besar yang memiliki banyak data dan informasi yang sewaktu waktu data tersebut dibutuhkan, dan satu hal lagi dengan adanya intranet ini semua data tersebut dapat disimpan dalam berbagai format dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Dari pemaparan artikel tentang pengertian intranet dan manfaat intranet di atas semoga dapat memberikan wawasan kepada kita semua dan terakhir saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke blog contoh artikel dan simak juga artikel - artikel lainnya.