Mendapatkan 10-20 US Dollar/Hari Dari Blogger Pemula

Selamat siang para pengunjung blog makalahproposal yang masih setia menjadi pembaca di blog yang sudah jarang update ini karena beberapa bulan ini saya lebih fokus mengoptimasi blog baru. Di kesempatan ini, saya hanya akan berbagi cerita sedikit tentang perjalanan saya selama 1 tahun lebih di dunia blogger, jadi bisa dipastikan artikel ini adalah artikel santai yang dimaksudkan hanya untuk update artikel saja dan mohon maaf jika artikel ini sama sekali tidak memiliki bobot akan tetapi bisa jadi artikel ini akan memberikan motivasi bagi anda yang sudah bertahun-tahun membangun blog tapi belum mendapatkan hasil seperti yang di harapkan

Bagaimana cara membangun blog dan bisa menghasilkan dollar per harinya untuk para pemula?

Membangun blog sampai bisa menghasilkan adalah perkara gampang-gampang susah dan setiap blogger pasti memiliki cerita dan kesan tersendiri bagaimana perjalanannya selama membangun blog. Ada yang berhasil, ada yang gagal, ada yang berhasil setelah melewati perjuangan yang melelahkan dan tidak menutup kemungkinan ada juga yang berhasil dengan mudah. Itulah rejeki, kita hanya berusaha dan sang pencipta yang akan menentukan dan berikut ini adalah cerita dari saya yang seorang pemula di dunia blogger dan memulainya serba dari nol tanpa ada maksud dan tujuan apapun kecuali hanya menjadi motivasi bagi para teman-teman blogger yang belum berhasil

Desember 2013 adalah pertama kali saya membuat blog tanpa mengetahui apa itu seo sama sekali, bahkan bagian-bagian dari dashboard blog pun banyak yang saya tidak mengerti fungsinya masing-masing

Mengandalkan belajar secara online lewat google akhirnya membuat saya mengenal yang namanya blog trikmudahseo.blogspot.com yang dikelola mas ricky pratama dan dari blog tersebutlah saya banyak belajar dengan cara menjadi seorang silent rider sampai hari ini

Blog pertama yang saya buat mengambil niche tentang bahaya narkoba dan seputar pembahasan narkoba. Singkat cerita, selama 3 bulan membangun blog tersebut sambil membaca artikel-artikel di blog mas ricky pratama yang saya lakukan setiap hari paling tidak 5 artikel/hari semakin memberikan pemahaman bahwa seo itu tidak lah sulit

Selanjutnya saya menemukan permasalahan yang tidak ada jawabannya di blog trikmudahseo dan saya ingat betul dengan ungkapan yang terdapat di blog tersebut
"mencari backlink dengan cara kerja keras atau dengan cara cerdas"
Pertanyaan tersebut membuat saya berfikir, berarti apa yang saya lakukan selama ini adalah dengan cara kerja keras, bukan dengan cara cerdas dan saya mencari di google cara cepat mendapatkan backlink yang kesemuanya berupa artikel penawaran jasa backlink yang ujung2nya harus mengeluarkan biaya atau dengan cara link exchance, auto backlink atau cara instan mendapatkan visitor dengan traffic exchance yang saya tau semua itu tidak sesuai untuk algoritma yang berlaku saat itu. dan saya tau itu karena rajin membaca artikel panduan seo dari situs terpercaya

Karena tidak menemukan jawaban atas permasalahan tersebut akhirnya saya berfikir harus ada seseorang yang dijadikan pembimbing ketika menemukan permasalahan yang tidak di mengerti dan tidak ada jawabannya di google dan saya memutuskan bertanya ke seseorang

Singkat cerita permasalahan backlink ini saya tanyakan ke mas Abu kholid (admin caraseobali.com) karena kebetulan dia masih satu tempat (daerah) dengan saya dan alhamdulillah dia berkenan untuk mengajari saya bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas dan cepat

Akhirnya list backlink sudah diberikan namun saya harus ikut menanamkan backlink ke situs-situs tersebut untuk blog mas abu kholid sebagai ucapan terimakasih dan pernah juga membuat artikel untuk blog caraseobali meskipun hanya 1 artikel karena saya yakin semua itu akan memberikan pengetahuan bagaimana cara membuat artikel yang bagus dan seo

Kurang lebih 1 bulan optimasi offpage (backlink), blog tersebut menunjukkan progres yang tidak pernah saya bayangkan. saya menguasai kata kunci contoh makalah, contoh makalah narkoba & kata kunci lainnya dan visitor pun meningkat menjadi 4K/hari dan mulai merasakan senangnya mendapatkan penghasilan adsense rata-rata 3-4 dollar/ hari di laporan akun adsense

Belum genap 5 hari merasakan menjadi juara di google, tiba-tiba artikel-artikel tersebut berjatuhan di serp (sandbox) dan waktu itupun saya tidak mengerti apa itu sandbox. Butuh waktu 1 minggu untuk memahami apa itu sandbox. melalui artikel-artikel panduan di internet dan keterangan mas abu kholid menerangkan kalau blog saya terlalu muda (4 bulan) untuk mendapatkan backlink terlalu banyak dan anchor text yang saya gunakan juga tidak variatif

Akhirnya atas saran mas Abu kholid saya harus membuat blog baru karena lebih susah memperbaiki blog yang sudah terkena pinalty dan seiring waktu saya akhirnya tau bahwa blog tersebut tidak saja sandbox tapi deindex

Tanpa kata menyerah, saya buat blog baru dengan mengejar niche contoh makalah dan proposal yang akhirnya berkembang ke contoh-contoh surat. ya..blog makalahproposal yang sedang anda baca inilah yang saya maksud

Ditengah semangat membangun blog ini karena rasa percaya diri yang meningkat karena pemahaman seo yang semakin berkembang, tantangan lain muncul. Ekonomi tidak stabil karena penghasilan dari usaha di dunia nyata terpuruk dan hal ini memicu para orang terdekat di sekitar mencibir apa yang saya lakukan ber jam-jam di depan komputer karena menurut mereka saya hanya menjalankan aktifitas yang bersifat hobby dan hal itu sangat wajar karena saya sendiri tidak pernah cerita bahwa dari blog dapat menghasilkan uang. Terlebih lagi saat itu, saya harus menafkahi istri dan seorang anak yang sedang lucu-lucunya

Cibiran adalah motivasi penyemangat terbesar saya untuk membuktikan bahwa saya bisa dan apa yang saya lakukan ini bukanlah sia-sia. Seiring waktu dengan berbekal pengetahuan yang saya miliki, blog ini berkembang pesat. di usianya yang baru 2 bulan sudah mendapatkan 1500 visitor dan mendapatkan 1 dollar/hari. Di bulan berikutnya, visitor terus bertambah mencapai 5K visitor/hari dan tiba lah saatnya gajian adsense dimana 128 dollar adalah gaji pertama saya di adsense dan itu adalah sebuah pembuktian bahwa yang saya lakukan selama ini bukan untuk bermain-main

Di bulan ke 4 terjadi peledakan visitor karena tambahan satu artikel yang menjuarai di google yaitu contoh surat lamaran kerja dan visitor blog waktu itu mencapai 18K/hari dan terus meningkat sampai puncaknya yaitu bulan ke desember 2014 mencapai 25K/hari dan semenjak januari 2015 blog ini mengalami penurunan visitor karena perubahan template yang saya lakukan sesuai kebijakan google yang akan menerapkan algoritma mobilegeddon dimana hasil pencarian dipengaruhi juga oleh template mobile responsive namun patut disyukuri sampai hari ini saya tetap rutin mendapatkan gaji dari adsense setiap bulannya dan bisa menafkahi istri, anak, dan paling tidak bisa menyisihkan sedikit untuk orang terdekat terutama orang tua

Itulah perjalanan saya selama mengenal blog dimulai dari nol sampai hari ini dengan banyak tantangan yang harus sabar dalam menyikapinya dan melalui artikel ini juga saya ucapkan terimaksih atas pengertian istri dan anak saya meskipun pada awalnya mereka tidak pernah tau bahwa yang saya lakukan ini adalah untuk mereka juga

Kesimpulan dan saran untuk teman-teman blogger dan siapa saja yang sempat membaca artikel ini adalah

1. Membangun blog untuk bisa menghasilkan butuh totalitas
2. Sabar dan carilah ilmu seo dari situs terpercaya bukan hanya mengandalkan bertanya di forum2 padahal apa yang anda tanyakan tersebut banyak bertebaran di internet
3. Tidak semua ilmu seo di ungkap secara gamblang di internet karena ada beberapa tehnik seo yang pantas untuk di simpan dan dihargai dengan materi atau dengan jerih payah untuk mendapatkannya maka dari itu kita butuh pembimbing selain artikel di internet dan pertanyaannya adalah apa yang bisa anda berikan untuk mendapat tehnik-tehnik tersebut? apakah anda siap keluar untuk sebuah ebook panduan seo? atau gunakan cara saya jika ingin gratis yaitu berkorbanlah sedikit waktu untuk sebuah ilmu apakah itu dengan menawarkan diri membuatkan artikel atau dengan cara menanamkan backlink untuk blog orang yang sudah mengajarkan kita
4. Seo adalah ilmu yang terus berkembang jadi tidak ada alasan untuk berhenti berkunjung ke blog-blog panduan seo