Pendidikan karakter saat ini mejadi topik hangat dalam dunia pendidikan, di tengah-tengah krisis moral yang terjadi di negeri ini dunia pendidikan tidak saja hanya dituntut dalam hal akademik tetapi juga harus mampu mencetak siswa-siswi yang cerdas berkarakter dan memiliki kepribadian. Indonesia saat ini boleh dikatakan mengalami krisis dalam berbagai aspek, dari krisis moral, krisis kepercayaan, meningkatnya kasus korupsi, pelanggaran hak asasi, kriminal dan kekerasan bahkan beberapa hari yang lalu di salah satu media elektronik mengulas bagaimana seorang bocah yang masih duduk di tingkat sekolah dasar tewas karena pengeroyokan yang dilakukan teman sekolahnya.
Dari fakta di atas peran pendidikan karakter sangat mutlak dibutuhkan mengingat karakter bukanlah sesuatu yang bersifat stagnan, karakteristik seseorang juga bukan terjadi secara instan dan karakter seseorang tidak di dapat dari sebuah pemberian melainkan terbentuk dari sebuah proses panjang yang dipengaruhi berbagai faktor baik itu dari faktor dalam diri orang itu sendiri maupun faktor dari luar seperti lingkungan keluarga dan lingkungan sosial.
Pengertian pendidikan karakter
Pendidikan karakter adalah sebuah system yang menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik yang mengandung komponen pengetahuan, kesadaran individu, tekad serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai baik terhadap tuhan YME, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan maupun bangsa. Menurut Depdiknas karakter adalah bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen dan watak
Berikut di bawah ini adalah pengertian pendidikan karakter menurut ahli
1.Pengertian pendidikan karakter menurut Lickona
Menurut Lickona pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan dan melakukan nilai-nilai etika yang inti
2.Pengertian pendidikan karakter menurut Suyanto
Menurut Suyanto definisi pendidikan karakter adalah sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa maupun negara
3.Pengertian pendidikan karakter menurut Kertajaya
Menurut Kertajaya karakter adalah ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu. Ciri khas tersebut adalah asli dan mengakar pada kepribadian benda atau individu tersebut, serta merupakan "mesin" yang mendorong bagaimana seorang bertindak, bersikap, berucap, dan merespon sesuatu
4.Pendidikan karakter menurut kamus psikologi
Menurut kamus psikologi karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral dan biasanya berkaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap
Proses terbentuknya pendidikan karakter
1.Melalui pendidikan, pengalaman, pengaruh lingkungan
2.Sikap dan perilaku yang dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan
3.Kebiasaan yang dijaga dan dipelihara maka terbentuklah karakter