Contoh Surat Pembaca

Contoh surat pembaca - Surat pembaca adalah surat yang di tulis untuk memberikan kritik, tanggapan, saran, opini himbuan ataupun ucapan terimakasih dan hal-hal lainnya yang dimuat di media cetak seperti surat kabar, tabloid, koran dan media cetak lainnya. Dari namanya sudah barang tentu bahwa conten, artikel atau surat tersebut di tulis oleh pihak pembaca yang kemudian dimuat oleh media cetak terkait. Sebagai suguhan informasi ataupun opini yang bersifat publik sudah barang tentu ada etika ketika kita hendak menulis surat pembaca


Surat pembaca dapat dikirim atau ditulis oleh siapa saja tanpa ada syarat pendidikan ataupun keahlian khusus dalam tulis menulis ataupun lainnya namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda hendak menulis surat pembaca terutama jika menulis surat pembaca yang isinya konplain terhadap instansi tertentu karena jika salah-salah anda dapat dituntut secara hukum atas pencemaran nama baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis surat pembaca diantaranya adalah

  1. Gunakan bahasa yang sopan
  2. Jika surat pembaca yang anda kirimkan adalah permasalahan atau konplain kepada isntansi tertentu akan lebih bijak jika permasalahan tersebut diselesaikan dengan pihak terkait secara personal sebelum permasalahan tersebut di angkat di media cetak dalam bentuk surat pembaca
  3. Surat pembaca yang bersifat konplain terhadap seseorang atau instansi tertentu harus disertai dengan bukti untuk menghindari pencemaran nama baik
  4. Surat pembaca dilengkapi dengan identitas dan alamat
  5. Jika menulis surat pembaca yang isinya tanggapan untuk surat pembaca edisi yang lalu, anda dapat menyebutkan perihal dan nama penulis dari surat pembaca yang anda berikan tanggapan dan begitu juga tanggapan yang ditujukan untuk pihak redaksi 
Di bawah ini beberapa contoh surat pembaca pada harian kompas namun sebelum lanjut mengenai contoh surat pembaca kompas ini, baca juga artikel tentang contoh opini dan fakta

Surat Pembaca Kompas

surat pembaca


surat pembaca kompas


Contoh menulis Surat Pembaca



Dan berikut ini adalah contoh surat pembaca yang isinya konplain dan tanggapan
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saya pemegang kartu Mandiri dengan nomor kartu 4137190304995***. Saya sangat kecewa sekali dengan layanan Bank Mandiri. Khususnya di bagian kurir. Dikarenakan tanggal 15 Januari 2014 kartu sudah dikirim ke alamat kantor saya.

Namun anehnya tanggal 23 Januari 2014 kartu diretur dengan alasan saya sudah resign. Dan saya tidak dikenal namanya. Ini yang tidak bisa mencari kurirnya ataukah memang sengaja tidak dicari saya? Sudah tanyakan ke pada rekan saya yang di kantor. Dan informasi yang saya dapat ternyata memang tidak ada kartu datang ke kantor atas nama saya.

Kemudian tanggal 30 saya mencoba untuk menanyakan ke card centre cabang Surabaya dan diinformasikan sama. Lalu saya menungu dan menunggu tanggal 13 Februari 2014 saya menghubungi Mandiri call untuk perihal kartu saya yang belum saya terima ini kelanjutanya bagaimana. Malah saya disuruh buat suarat kuasa jika meninggalkan kantor.


Ini tidak efesien. Karena kartu saja belum saya terima. Ini bagaimana kelanjutannya kartu saya. Mudah-mudahan dengan adanya surat yang saya kirim ke Kompas.com saya mendapatkan informasi yang detail mengenai posisi kartu saya.

Terima kasih, Kompas.com sudah menayangkan keluhan saya.


ahmad farisal nurdiansah

kauman ix/ 20 kampung dalem kota kediri




Tanggapan dari surat pembaca di atas
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mohon maaf atas ketidaknyamanan Bapak Ahmad Farisal Nurdiansah dan terima kasih atas masukannya. Dapat disampaikan bahwa kami telah memproses pengiriman ulang Kartu Kredit Mandiri Bapak, diharapkan Kartu Kredit Mandiri tersebut dapat diterima paling lambat tanggal 26 Februari 2014.

Apabila Bapak tidak berada di tempat, kami mohon kesediaannya untuk meninggalkan surat kuasa penerimaan kartu beserta fotocopy KTP. Adapun surat kuasa penerimaan kartu tersebut untuk menghindari penyalahgunaan kartu oleh pihak lain.

Jika ada pertanyaan ataupun saran yang ingin disampaikan, dapat menghubungi Customer Service melalui layanan 24 jam Mandiri Call 14000 atau melalui website www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu contact us atau langsung melalui email customer.care@bankmandiri.co.id.

Nixon L. P. Napitupulu

Plaza Mandiri 3rd Floor