Teks Pidato : Contoh Pidato Tentang Pemanasan Global

Teks Pidato - Banyak sekali tema yang dapat dijadikan bahan atau topik untuk melatih keterampilan membawakan pidato dan salah satunya adalah tentang pemanasan global. contoh pidato tentang pemanasan global ini sesuai dengan segala ruang lingkup, dari lingkungan pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan bahkan dalam pidato agama  atau ceramah agama pun permasalahan pemanasan global ini sering kita dengarkan. Selain tentang pemanasan global, pada blog contoh artikel ini juga sudah saya publish contoh pidato lainnya dan dapat anda simak di contoh pidato singkat tentang pendidikan dan bagi anda para pelajar yang mencari pidato untuk perpisahan sekolah dapat anda simak di contoh pidato singkat perpisahan siswa

Pidato Tentang Pemanasan Global


Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME atas nikmat sehat yang telah diberikan kepada kita semua hingga pada kesempatan yang berbahagia ini kita dapat berkumpul di tempat ini.  Pertama-tama terimakasih saya ucapkan atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata mengenai pemanasan global yang merupakan tema dari pidato singkat kali ini.

Saya yakin diantara kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pemanasan global atau global warming yang hingga saat ini masih menjadi permasalahan dunia internasional karena menyangkut keberlangsungan hidup manusia yang mana jka permasalahan ini dibiarkan begitu saja akan berdampak serius bagi kehidupan manusia.

Perlu kita ketahui bersama bahwa pemanasan global akan berdampak langsung pada kesehatan dan menurut para ilmuwan dan peneliti dari berbagai negara mengungkapkan bahwa ancaman terbesar dari pemanasan global ini adalah mencairnya gunung es yang terdapat di kutub utara dan itu artinya akan menenggelamkan hampir 1/4 daratan di bumi ini yang akan mengubah tatanan hidup manusia

Ada beberapa penyebab yang menjadi pemicu dari pemanasan global ini yaitu efek rumah kaca dan efek umpan balik. Efek rumah kaca terjadi karena gas-gas rumah kaca yang berupa uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida, dan metana sedangkan efek umpan balik disebabkan bertambahnya gas-gas rumah kaca seperti CO₂ dan hilangnya kemampuan memantulkan cahaya oleh es khususnya yang terdapat di kutub utara, namun terlepas dari sebab dan akibat dari pemanasan global tersebut ada hal hal yang lebih realistis yang bisa kita perbuat sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita masing-masing sebagai upaya untuk mencegah semakin buruknya kondisi yang diakibatkan dari pemanasan global. Menumbuhkan kesadaran untuk senantiasa menjaga lingkungan dan mengimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari adalah sebuah langkah kecil yang dapat kita lakukan sebagai upaya untuk mengambil peran dalam mengurangi dampak pemanasan global.

Berbicara tentang pemanasan global tidak saja hanya sebatas mengetahui penyebab dan akibat yang ditimbulkan, bukan pula hanya sebatas teori yang dituangkan dalam sebuah karya tulis namun dibutuhkan tindakan real dari kita semua. Mari kita ikut ambil bagian dan berperan aktif dalam menjaga bumi ini dari dampak pemanasan global. Banyak hal yang bisa kita lakukan meskipun itu tampak sederhana dan salah satu contoh dari upaya tersebut adalah dengan menciptakan lingkungan yang hijau, sejuk dengan penanaman pohon baik itu di lingkungan rumah, lingkungan sekolah atau ikut ambil bagian dari program penanaman 1000 pohon yang saat ini sedang di galakkan oleh pemerintah.

Akhirnya sebagai penutup dari pidato singkat tentang pemanasan global ini tidak lupa saya mohon maaf apabila ada tutur kata yang tidak berkenan di hati para hadirin sekalian dan saya ucapkan terimakasih atas perhatian Wassalamualaikum Wr. Wb dan salam sejahtera.